Tips memilih Motherboard

|
Sebelum merakit computer, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan atau membeli komponen computer (hardware). Berikut ini akan dibahas tips memilih agar memudahkan anda saat memutuskan untuk membeli komponen tersebut.

Motherboard
Mainboard atau motherboard adalah perangkat utama computer yang berfungsi sebagai board (papan) untuk memasang perangkat computer lainnya, seperti processor, kabel data hard disk, floppy disk, VGA Card, sound card, LAN card dan RAM. Ada kalanya di dalam motherboard dipaket dengan beberapa perangkat lainnya (on-board) seperti VGA, LAN dan sound card. Apabila kalian kurang puas dengan perangkat bawaan motherboard, juga bisa menambah atau memasang perangkat tambahan pada slot yang disediakan.

motherboard

1. Pilih motherboard yang harganya terjangkau dengan kondisi keuangan dan sesuai dengan tujuan penggunaan computer. Beberapa pembagian kelas dan penggunaan motherboard sebagai berikut.
Kelas Value (Terjangkau)
Tipe ini cocok untuk penggunaan computer standard. Misalnya, keperluan administrasi, penggunaan internet (chatting, browsing atau aplikasi ringan lainnya), dan aplikasi game standard. Beberapa tipe motherboard yang bisa dijadikan pilihan antara lain Intel D102GGC2L, D865GSAL, NextBoard N-P4M800C2D dan N-865GV-H.
Kelas Mainstream (Menengah)
Tipe ini cocok untuk penggunaan computer penunjang hburan (multimedia), aplikasi design (Photoshop, PageMaker atau Autocad), dan aplikasi video editing. Beberapa tipe motherboard yang bisa dijadikan pilihan antara lain D965GCLL, D946GZISSL dan D945PLNLR.
Kels High End (Kelas Atas)
Tipe ini cocok untuk penggunaan pengelolaan aplikasi yang membutuhkan kecepatan dan performa tinggi. Misalnya aplikasi programming, database, computer server yang “jarang” dimatikan dan aplikasi game yang memerlukan kecepatan tinggi. Tipe motherboard yang bisa dijadikanpilihan adalah D975XLKBKR.
2. Setelah menetukan tujuan penggunaan kommputer, tentukan form design atau ukuran yang diinginkan.
  • Model ATX atau casing model Tower.
  • Model Micro-ATX atau casing model Mini Tower.
3. Pilih chipset yang tepat. Beberapa hal yang [erlu diperhatikan berkenaan dengan pemilihan chipset sebagai berikut.
  • Pilih chipset yang mendukung teknologi processor Intel LGA 775
  • Pilih chipset yang mendukung teknologi DDR/DDR2
  • Pilih chipset yang mendukung teknologi hard disk serial ATA atau SATA
  • Pilih merek chipset yang kualitasnya cukup terpercaya seperti intel, via atau sis.
4. Pastikan motherboard mendukung teknoogi processor terkini, baik teknologi processor intel maupun processor AMD.
5. Perhatikan juga komponen yang terintegrasi didalam motherboard (on-board). Misalnya VGA card, sound card, LAN card atau USB. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli perangkat tersebut. Jelas ini akan menghemat pengeluaran kalian.
6. Pastikan motherboard dilengkapi dengan CD driver, terutama utnuk komponen terintegrasi (on-board). Selain itu pastikan driver motherboard mendukung system operasi terkini, misalnya mendukung system windows XP, Vista, Linux, Seven atau Sun Micro system.
7. Pastikan modul motherboard sesuai dengan komponen yang terpasang, misalnya DDR, Serial ATA atau PCI. Untuk mengecek kesesuaian ini, silahkan baca buku panduan atau manual book motherboard.
8. Pastikan kelengkapan perangkat pendukung motherboard, mulai dari CD Driver, buku panduan, kabel data (ATA, SATA dan Floppy Driver), baut, sampai back panel yang digunakan sebagai pelapis motherboard ke casing.
9. Pastikan motherboard mempunyai garansi minimal 1 tahun dari took ataupun garansi pabrikan.

Semoga bermanfaat
Baca juga Tips And Tricks Computer lainnya



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...