Tips Memilih Video Graphics Arrage (VGA)

|
Tips Memilih Video Graphics Arrage (VGA) ~ Berikut akan di bahas tips memilih sebelum kalian memutuskan untuk membeli komponen computer tersebut.

VGA adalah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa sistem ke dalam bahasa gambar, kemudian informasi tersebut ditampilkan oleh monitor. Tentunya, semakin besar kapasitas dan kecepatan VGA akan menghasilkan tampilan yang berkualitas pada layar monitor.


Tips Memilih Video Graphics Arrage (VGA)
  1. Pilihlah VGA yang kualitasnya sudah terpercaya, misalnya ATI atau N-Vidia
  2. Pilih VGA yang mempunyai resolusi yang tinggi. Selain itu, pastikan ukuran resolusi VGA sesuai dengan ukuran resolusi monitor. Umumnya, resolusi minimal monitor saat ini adalah 1.0224 x 768 pixel.
  3. Pilihlah VGA yang memiliki nilai refresh rate 75 Hz (75 kedip per detik). Refresh rate adalah kecepatan kedip rata-rata computer. Semakin tinggi nilai refresh rate VGA, tampilan monitor akan semakin bagus.
  4. Sesuaikan model VGA dengan modul yang tersedia pada motherboard. Sebaiknya gunakan model AGP 2x, AGP 4x, atau AGP 16x.
  5. Pastikan VGA memiliki port DVI (Video Visual Intervace). Port DVI merupakan jenis port yang tersambung ke monitor. Apabila masih menggunakan port VGA, sebaiknya kalian harus membeli konverter port VGA ke port DVI.
  6. Pastikan VGAt tersedia fasilitas S-Video in (Video Inpit/TV Out) atau VIVO (Video Out Video In). Hal ini berfungsi sebagai konektor untuk mengirim gambar dari camera video VCR ke computer. Selain itu, fungsi fasilitas ini  juga mampu mengirim sinyal ke perangkat lain, misalnya proyektor (infocus) atau TV.
  7. Apabila kalian adalah seorang gamer, pastikan membeli VGA yang dapat di overlock. Overlocking adalah sebuah cara yang digunakan untuk meningkatkan kinerja VGA. Agar bisa di overlock, pastikan VGA mempunyai system pendingin yang bagus karena overlock akan menyebabkan VGA cepat panas alias hooooooooooooot.
  8. Paastikan VGA mendukung teknologi API (Application Program Interface). API adalah progam yang berfungsi untuk menampilkan gambar 3D. Program API yang biasa digunakan sebagai berikut : - OpenGL (Kelebihan program Open GL adalah dapat meng-update driver VGA terbaru melalui internet. Selain itu, OpenGL sudah bisa digunakan pada semua system operasi, baik Linux, Windows maupun Mac OS X. Hanya saja, kelemahan OpenGL terbatas pada penggunaan interface grafik). - DirectX (Kelebihan DirectX adalah dilengkapi direct3D untuk mengolah grafik, DirectSound untuk mengolah suara dan DirectPlay untuk mengolah jaringan. Aplikasi ini didukung dengan update terbaru yang bisa di akses disitus resmi microsoft http://www.microsoft.com/directx. Kelemahan aplikasi ini terbatas pada system operasi windows).
  9.  Pastikan VGA yang dibeli mempunyai garansi minimal 1 tahun dari toko tempat membeli ataupun garansi dari pabrikan.
Baca juga Tips And Tricks Computer lainnya



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...