Tips Merawat Batrei Laptop

|
Baterai Kuat
Sebelumnya saya pernah posting tentang Pemeliharaan dan Tips Dasar Penggunaan Computer (Notebook) yang di dalam terdapat tips memelihara unit baterai. Nah sekarang saya akan posting tips merawat baterai laptop yang lebih detail dengan alasan-alasannya yang saya dapat dari hasil ubek-ubek Kaskus. Berikut tips-tips nya cekidot...

1. Saat Pertama Kali Membeli Laptop, Ces Batrei Skitar 8 - 10 jam, karena batrei yg tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) Sebaiknya Di cas terlebih dahulu..
2. Setiap Menggunakan Laptop lebih baek jika charging battery (di Cas terus, meski sudah Full tetap dicas terus) Karena batrei tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya "jika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak/Kembung".
3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = "Apabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor" .
4. Batrei jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei (Cycle Count)
5. Jangan pernah BATREI DILEPAS, apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg laen.
6. 5 menit Sebelum Memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah Laptop dimatikan baru cabut adaptor.
7. Saat Menggunakan Batrei (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrk mendingan di cas aja.
8. Pastikan Suhu Kamar (ruangan) tidak terlalu Panas, karena
suhu yang tinggi berefek menurunkan performa battery (cycle count berkurang)
Karena, suhu adalah musuh bebuyutan battery

KESIMPULAN ane:
• Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika g ada listrik matikan saja
• Suatu Saat Kerja Batrei pasti akan menurun, Mending Rusak Batrei Daripada Rusak LAPTOP ato hardware lainnya..
tapi gimana caranya kita mempertahankan kinerja batre dalam beberapa tahun dengan tips diatas


Alasan Tips Diatas

Apakah Batre Ane ada CONTROLL BATTERY
1. Originally Posted by arthur.king : kalo keluaran diatas tahun 1996 keatas pasti sudah ada
2. Originally Posted by bambangmuliyadi : Tidak gan, semua gadget murah hingga termahal saat ini sudah ada controlling batterynya. Untuk melihatnya coba masuk device manager, battery, ACPI. ACPI inilah triger controlling battery via Windows.
3. Originally Posted by bambangmuliyadi : Yang mengontroll battery itu controlling battery. windows hanya triger pembacaan melalui ACPI.
Memang sebagian brand laptop terkenal sudah bisa mengcontroll battery dan membaca aktifitas & log battery misal IBM (ini barang mahal). Namun controlling battery ini walaupun tanpa windows atau pun saat laptop kondisi mati, tetap terkontrol olehnya.
coba saja, test charge battery dalam kondisi laptop shutdown, dan lihat lampu batterynya bisa penuh atau nggak.

Kenapa Harus Di Cas 8 jam dulu
1. Originally Posted by arthur.king : Charging awal minimal 8 jam, itu untuk mencapai tegangan floating battery. Kalo IBM T60 saya malah 2 hari charging dalam kondisi laptop mati.

Yang lebih fatal lagi, kebanyakan tekhnisi toko laptop saat install windows running battery tanpa charging terlebih dahulu.
Sory ini sengaja saya merahkan dan saya bold kan agar berhati-hati saat beli laptop baru

Pernah terjadi pada sepupu saya, dan langsung terjadi perdebatan sengit antara tekhnisi toko nya dengan saya.
2. Originally Posted by bambangmuliyadi : Laptop baru yang masih dalam proses penjualanan kan kondisi nya lama ga dinyalakan? masa ga boleh di colok adaptor.

Kenapa 5 menit sesudah & sebelum
1. Originally Posted by jimmycdinata : Mungkin maksudnya memberi kesempatan adaptor menghasilkan daya yg stabil.
2. Kalo 5 menit sesudah shutdown, ini untuk colling down aja.. sekaligus untuk tegangan floating ke battery. sebenernya ga apa2, tapi kalo saya membiasakan begitu.

Kenapa Ga boleh lepas Batre
1. Kalo note book langsung dari adaptor aja, lebih bagus batterynya disimpen aja gan.. ntar namanya PC bukan notebook. Menurut saya, mending battery dipasang aja ke laptop. lalu adaptornya jg wajib dipasang (adaptornya usahakan merek asli dari laptop). yah kalo laptopnya sudah di shutdown cabut aja adptornya..
Usahakan battery tidak terkena udara panas.. (lihat Grafik Perbandingan)
2. Laptop lebih baik menggunakan battery dan charger di colok ke listrik.
Karena produsen2 laptop memang menganjurkan demikian, dan sudah mendesign laptop seperti itu, jadi jika battery full biarin aja adaptornya dicolok ke listrik ga usah dicabut, karena battery2 laptop sudah memiliki controll battery jika sudah penuh akan stop charging.

Charge Discharge (CdC) ga boleh
1. Originally Posted by bambangmuliyadi : Saya pernah mendengar pendapat aneh lagi..
"Jika battery sudah penuh, harus dicabut adaptornya"
Ini lebih parah lagi.. karena setiap battery itu memiliki cycle count..
semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop.

Efek dari Kalibrasi
Kali brasi itu banyak efeknya lho..
1. Cycle count berkurang 1 cycle.
2. Disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah..
3. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar..
kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.
Di atas adalah efek dari recondition / kalibrasi battery..

Manfaat kalibrasi battery:
1. Pembacaan Battery akan sedikit nyata (bukan sempurna betul ya..).

Sebagai pelengkap catatan dunia mayaku semoga bermanfaat happy blogging...

Bacajuga Tips And Tricks Computer lainnya


5 komentar:

Asis Sugianto said...

terima kasih banyak nih sobat untuk tips menjaga baterai laptop agar tetap awet.. sngt berguna nih untuk laptop saya sobat yg baterai tinggal setengah jam saja bisa digunakan...

arya.susastra said...

nice share...Info yang sangat bermanfaat sobat...

Arman said...

@Asis, Okeh sob sama-sama...gmna maslah blog sob uda selesai blum?
@Arya, thank sob smoga bner2 bermanfaat...

wahid sahidu said...

mantap gan tipsnya akan selalu saya ingat sewaktu membeli laptop, thanks ya udah share

Arman said...

@Wahid sahidu, Sm2 sob

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...