Info | Waspadai Malware 'Berkedok' Valentine di Facebook

|
Valentine
Info penting neh buat sobat blogger yang suka maen facebook dan suka mempercantik tampilan facebook dengan memasang theme di facebook. Apalagi dalam beberapa hari ini akan ada hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan romantis didunia yakni hari valentine yang penuh kasih dan cinta. Saya yakin semua orang-orang di facebook akan berlomba-lomba menghias facebook mereka dengan tema atau theme yang bernuansa valentine, koq tau? ya tw dong karena saya banyak melihat tampilan tema facebook teman saya valentine tahun kemaren penuh dengan warna pink, hehe dulu saya juga pernah demikian. He sekarang kalian pengguna facebook harus berhati-hati kalau kalian ingin mempercantik tampilan facebook kalian dengan tema atau theme, karena saya baru menemukan sebuah berita penting yang harus kalian simak agar kenyaman kalian dalam berfacebook ria aman-aman aja. Berikut beritanya.

Bulan Februari identik dengan tema cinta, karena ada hari Valentine di dalamnya. Banyak juga orang yang merayakan hari ini di laman jejaring sosial.

Tapi awas, kalian harus berhati-hati karena clickjacking, aktivitas malware yang diawali dengan mengklik situs, sudah terdeteksi menjalankan aksinya dengan memanfaatkan romantisme Valentine. Laman sosial media pun menjadi salah satu sasaran penyebarluasan.

Temuan tersebut disampaikan oleh Trend Micro, salah perusahaan keamanan internet. Trend Micro telah menemukan dan mengidentifikasi malware Valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia.

Serangan malware itu, kata Trend Micro, dimulai dengan ditemukannya sebuah posting dalam wall pengguna dan orang lain, yang berisi ajakan untuk mengklik dan meng-install tema atau theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi itu akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.

Bagi pengguna yang mengklik dan meng-install melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna.

Selanjutnya dengan terinstalnya apikasi ini, maka malware itu akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta kalian memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, kalian akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A sampai saat ini tidak terindikasi melakukan teknik pencurian data. Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini. So tidak salahnya supaya kita tetap berhati-hati.

Sungguh type orang yang tidak bisa melihat orang lain senang hahaha tapi sangat kreatif. Semoga bermanfaat buat kalian para penyuka dan pengguna facebook fanatik.




10 komentar:

Unknown said...

makasih infonya sobat bisa dijadikan bahan pembelajaran nih.. iye sob, kok setiap komnetr sobat di blog sy masuk ke dalam SPAM...

KangFarhan said...

wah perlu waspada nih... slamet ane gak suka valentine...hehehe...inpo yg sangat bermanfaat sekali bang

Anonymous said...

@Asis, Waduh koq bisa sob? dari dulu saya pertama komen ya sob?

@KangFarhan, Semoga bener2 bermanfaat bang

Neno said...

Mantap infonya saya seperti KangFarhan aku gak suka valentin :D
Aku follow ya kang blognya jangan lupa follow balik :D

Black Angel Syndicate said...

wah makasih infonya sob... akan hati2 ntar :)
Absen siang

Anonymous said...

@Neno, Okey kang langsung ke TKP :D

@Black, Iya pak black sama2...:)

Unknown said...

wah makin aneh ane aja ni bang makasih infonya gan

NandoCyber4rt said...

wah harus bener bener waspada nih biar gg jadi korbannya hehe
nice info om Arman :D

Anonymous said...

@Wahid, Iyah bang ada-ada aja...sama-sama gan

@Nando, Thank Om Nando :D

Pasang Iklan Gratis said...

wah bahaya juga tuh gan, makasih ya infonya.

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...