Tips Upgrade RAM (Random Acces Memory) Komputer

|
Setelah share Tips Upgrade Processor Komputer beberapa waktu yang lalu, sesuai dengan judul diatas kali ini ARMAN BLOG akan share sebuah tips upgrade komputer juga tapi pada bagian yang lain, yakni RAM atau biasa orang-orang menyebutnya memory.


RAM Upgrade


Sebelumnya perlu kalian ketahui RAM (Random Acces Memory) merupakan komponen penyimpan data atau perintah sementara sebelum diproses lebih lanjut oleh processor. Hardware komputer bagian ini bisa di upgrade atau ditingkatkan. Meng-upgrade RAM dapat meningkatkan kecepatan akses dan kinerja komputer. Hal ini akan terlihat secara jelas pada saat menjalankan beberapa aplikasi yang berat dalam periode waktu yang sama. Disini kalian hanya perlu memperhatikan beberapa tips sederhana berikut dibawah ini pada saat melakukan upgrade RAM :

  • Kenali jenis slot dan jenis memory yang digunakan, apakah menggunakan jenis SD-RAM, DDR-RAM, DDR2-RAM, ataukah V-RAM.
  • Kenali clock RAM. RAM yang akan ditambahkan harus memiliki clock yang sama dengan RAM yang sudah ada. Apabila clock RAM yang baru lebih cepat atau lambat, berarti semua RAM akan bekerja dengan kecepatan clock yang terendah di antara semua keping RAM yang ada. Selain itu, clock RAM harus sama dengan clock motherboard agar kierja hasil upgrade lebih maksimal.
  • Tidak lupa saya ingatkan, jangan malu bertanya pada teknisi toko dan memberikan informasi hardware yang akan kalian upgrade jika kalian merasa ragu dengan keputusan kalian.
  • Kalau semuanya sudah pas atau sesuai. Kalian tinggal memasang atau menggantinya dan waktu kalian memasangnya harus sampai terdengar bunyi klik sebagai tanda RAM sudah terpasang dengan benar (pengalaman saat pasang RAM tidak sampai terdengar bunyi klik, saat dihidupkan komputernya keluar bau angus karena konsleting).
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang beberapa tips sederhana yang harus dilakukan saat upgrade RAM komputer, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa dikoreksi bila ada kesalahan thanks. Happy blogging.



20 komentar:

Bang Dayat said...

Wahh, manteb nih sobat, sangat bermanfaat..

Saya save dulu pagenya, siapa tau diperlukan lain waktu.

Master Software Mobile said...

Selamat pagi sobat, dan selamat liburan..

Ohya makasih atas sharenya sob.

Asis Sugianto said...

mengupgrade RAM mesti hati-hati sobat, karena biasanya komputer jadul tidak support lagi dengan ram yang diprodksi sekrang..

biasanya PC yang tidak sesuai

ARMAN said...

@Bang Dayat, Silahkan thanks.

@Master Software Mobile, Selamat pagi n Selamat Liburan juga sobat, okey thanks.

@Asis, Waduh kalau emang seperti itu kita harus upgrade motherboardnya juga tuh, tapi sebelumnya tanya-tanya dulu lah siapa tahu aja ada, yang second juga tidak apa yang penting keadaan baik dan lebih baik dari yang kita punya, thanks.

fb said...

Kalau mau nambah dan pasang RAM di laptop agak susah ya

anda koment, saya koment balik said...

keren nih gan, postingan bagus, saya suka bnget, thanks ya

ARMAN said...

@fb, tidak susah koq sob kan ada buku petunjuknya, letak slot RAM laptop biasanya letaknya ditempat yang paling gampang dijangkau, klo ada slot yang masih kosong kenali type slotnya dan jenis RAMnya. Kalau sobat ragu sobat tinggal bawa laptop sobat ke tokonya hehe (laptop gampang nentengnya).

@anda koment, saya koment balik, sama-sama thanks.

kampungku corolla said...

wah info yang bagus nih,..
terima kasih sudah berbagi bang.

happy bloging

ivan said...

masuk ke Blognya kang Arman dapet ilmu lagi...

numpang belajar ya kang... :)

Lensa said...

Pengen ngotak ngatik lebih jauh, tapi masih suka ragu, takut malah rusakin. Kalau ngotak ngatik proggram masih berani.
Biasanya lebih percayakan ke Tekhnisinya.
Tapi, kalau sudah tipsnya seperti di atas mungkin bisa dicoba.
Terimakasih.

USOFT said...

okee dehh dapet lagi tipsnya... mantabbss..!! :D

Asis Sugianto said...

nah dari sini kita bisa menebak pasar sobat, memory yang sekrang sebaiknya kita simpa, pasti nanti ke depannya akan banyak yang mencarinya untuk mengupgrade dan harganya bisa kita naikkan sobat, heheheh

Master Software Mobile said...

Hadir kembali sob, di pagi hari.

khazanah.info said...

nice share sob...

BlogS of Hariyanto said...

asyik nich...kalau disambung dengan postingan sebelumnya..bisa jadi komplit cara upgrade-nya :)

Ririe Khayan said...

ternyata utk up grade RAm itu banyak yg harus dipertimbangkan ya. Maklum selama ini tahunya terima beres jika service kompi..kalau dibilang srh ganti RAM ya gak pakai nanya prosedure'nya gimana...Thx sob:)

genial said...

pasti bermangpaat nii inpo... nice gan... lagi JJR nii kang.. jahh emangnya di YM apah?!!? hehehe. . pis

Abi Sabila said...

sepertinya pc jadul tinggalan Ken Arok punya saya harus diupgrade RAM nya mengingat kalau menjalankan dua program saja sudah saling gontok-gontokan, bukannya saling dulu-duluan malah mandeg di tengah jalan. Terima kasih informasinya dan salam kenal.

Berbagi Kreativitas said...

Oh ya tipsnya bukan cara?? hehe kirain caranya :D Thanks untuk tipsnya, basic tapi belum tentu banyak orang tahu dan manfaat banget ini sob, bukan begitu sob?? hehe

ARMAN said...

@berbagi, Wahahaha iyah sobat, tapi cara apanya ya sobat? klo cara pasangnya masa ga tw

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...