Membaca Tanda-tanda Gerakan Tubuh

|
Dari gerakan tangan, gerakan tubuh dan postur, terbentuklah kesan. Kesan-kesan ini bisa saja positif ataupun negative.

Gerakan Tubuh

“Waktu oertama kali bertemu, orang tidak bisa tahu apa prestasi kalian,” kata Lynn Pearl, kepala perusahaan konsultan Executive Communications, Inc., di Chicago. :Itulah mengapa penting sekali kalian menyadari tanda-tanda yang diperagakan tubuh kalian.”

Berdiri tegak : Posatur tegap dan tegak mengatakan bahwa kalian percaya diri, jujur dan berhasil. Bahkan orang yang bertubuh pendek, pose percaya diri akan membuat kalian tampak ebih tinggi dan lebih besar.

Langkah lebar, langkah kecil : Dengan menggunakan seluruh kaki untuk berjalan, mengambil langkah lebar dan punggung dan kepala tegak menunjukkan sikap percaya diri dan jujur, berani. Sebaliknya, berjalan dengan langkah kecil sementara bahu membungkuk membuat orang tampak tidak percaya diri dan rentan.

Sambutan ramah : Dengan jarak pendek mengangkat alis apabila kalian pertama-tama berjumpa dengan seseorang, membuat kalian tampak berminat, lincah dan siaga.

Berdekatan : Setiap orang berhak mendapat ruang pribadi sekelilingnya. Sebagai peraturan, ruang priadi kalan berjarak dari satu sampai hamper dua meter di depan kalian.
“Zona intim” ini berjarak setengah meter. Apabila seseorang bergerak terlalu dekat, ia mengakibatkan seuasanatidak nyaman. Ini merupakan gerakan agresif yang memperlihatkan bahwa orang itu tidak menghormati batas dan jarak pribadi orang lain. Keadaan seperti mebuat orang menjadi pasif merasa rentan dan defensive. Jaga jarak kecuali kalau kalian di undang masuk.

Tidak berminat : Jika kalian ingin memperlihatkan bahwa kalian berada di atas semua yang terjadi sekeliling kalian, bersandarlah pada dinding dengan kedua lengan kalian menyilang di tubuh kalian. Pesannya sangat jelas “Jangan ganggu saya.”

Mengapit leher : Apabila tangan mengayun ke atas dan mengapit tengkuk, maka yang diperlihatkan itu adalah amarah. Di zaman primitive gerakan seperti itu akan berakhir sebagai tamparan atau pukulan di kepala orang yang dihadapi. Tetapi, di masyarakat beradab, gerakan itu ditahan. Mereka yang mengerti bahasa tubuh paham akan kekuatan gerakan ini.

Tidak bisa diam : Dalam suatu situasi social, di pertemuan atau pesta dan kumpul-kumpul, jika kalian menyembunyikan uang kecil dalam saku kalian, bermain dengan rambut kalian atau memegang-megang baju kalian, maka petunjuknya sudah jelas : kalian resah dan tegang. Supaya kalian bisa member kesan yang baik, cobalah hentikan gerakan-gerakan yang menunjukkan keresahan ni.

Menarik-narik celana : Inilah tindakan yang lebih sering dilakukan laki-laki ketimbang perempuan, karena kaum pria hamper selalumengenakan celana. Kain dari satu kaki celana diangkat menunjukkan ketidak percayaan, seakan orang itu baru saja melangkah ke dalam sesuatu yang menjijikkan dan ia sedang mencoba mengepretnya lepas dari celana.

Bersandar pada dinding : Apabila kalian bersandar pada dinding atau lubang pintu dengan cara santai dan terbuka, maka kalian sedang mengatakan, “Jangan pergi.” Inilah satu cara untuk memperpanjang suatu percakapan, terutama disebuah kumpul-kumpul social dan sejenisnya.

Membungkuk : Gerakan ini adalah gaya lama untuk menunjukkan hormat, bukan suatu gerakan tipikal di begeri Barat kecuali dikalangan dan lingkungan diplomatis. Tetapi di zaman dagulu, terutama di negara-negara latin, membungkuk adalah cara member hormat yang lazim. Sekarang paling sering digunakan apabila para actor atau penyanyi mengucapkan terima kasih di panggung atas tepukkan tangan para hadirin (kalian pasti sudah tahu, para artis yang lagi manggung seusai manggung mereka maju kedepan panggung lalu membungkukkan punggung mereka sebagai tanda ucapan terima kasih mereka kepada penonton).

Cerminan : Apabila dua orang sedang berbicara dan kedua-duanya menemukan diri mereka dalam posisi yang sama, maka kejadian itu mengungkapkan rasa suka kepada satu sama lain. Orang bersama sering “mencerminkan” satu sama lain dan bahkan mengatakan kata-kata yang sama pada saat yang bersamaan.

Muka berhadapan muka : Tidak seperti cerminan, apabila dua orang berdiri berhadapan muka, tubuh berhadapan, maka keadaan seperti ini mencerminkan agresi yang ekstrim. Dalam keadaan normal, kaum laki-laki agak berpaling dari satu sama lain apabila mereka berbicara. Jika mereka menginginkan satu penyelesaian masalah, mereka memposisikan diri mereka hidung menghadap hidung dalam sikap yang sangat agresif ini.

Sekian semoga dapat dijadikan sebuah refrensi untuk bersosialisasi dengan sekitar kalian, sehingga kalian bisa memberikan kesan yang kepada orang disekitar kalian. Tidak lupa saya berpesan bila ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada kekurangan mohon ditambahkan, terima kasih sebelumnya. Baca juga Perilaku Di Tempat Bekerja. Happy blogging.



55 komentar:

cik awi said...

Gerakan tubuh ternyata banyak maknanya ya..

Asis Sugianto said...

pasti seru nih kalau bisa membaca tanda -tanda gerakan tubuh sobat...

Madjongke said...

Kalau gerakan membungkuk sepertinya madjongke hanya melakukan pada guru saja. Itupun dulu waktu masih kecil. Kalau sekarang mungkin cuma sapaan. Ya minimal itu saja untuk menunjukan rasa hormat

SAZLINA COMP said...

thanks infonya sob

Viella Sabina said...

ternyata gerak-gerak tubuh punya arti kusus, salam kenal

Obat Keputihan said...

postingan yang menarik

Blognya Venny said...

Tapi kok ane kalau berminat terhadap sesuatu justru seperti ciri2 orang tidak minat ya???

Limit Komputer said...

Wah bru thu banyak tentang gerak tubuh ...

cerita anak kost said...

ehm, beda guru. tapi satu imu, ane belajar dari alan peace tentang bahsa tubuh. ya kruang lebih sama, klo orang yang optimis lebih terbuka dan kelihatan memberi ruang. klo orang yang ga suka, biasanya menutupi angota tubuh dengan badannya, sperti menyilangkan kaki, menarik diri (mundur) dan lain sebagainya

Kini Aku Tau said...

rupanya samapei sedetail itu ya di perhatikan dan memberi kesan tersendiri dari kita,, wah wah wah.. ahli psikologi psati udah menguasai semua. bahaya ya kalau berhadapan ama mereka gitu..

Asalasah said...

jarak yang berdekatan itu memang bikin gak nyaman dan jadi ilfeel gitu, biasanya pas ditodong ma mikrofon pasti agak mnjauh.. hahaha padahal bkan tajur, tapi gak biasa. XD

Bagus Sugiarto said...

Gerak tubuh merupakan bahasa kita yang tak bisa membohongi, jadi ingat politisi yang tersandung dengan kasus korupsi, banyak ahli baca gerak tubuh yang mampu membacanya.

Terima kasih bang sudah berbagi ilmu yang banyak orang belum tahju.

Imtikhan said...

bagus sob postingnya
sukses selalu ya

ARMAN said...

@cik awi, Yo'i sobat gerakan tubuh semua ada makna yang terkesan, thanks.

@Asis, iyah sobat seru sekali bisa membaca gerakan tubuh seseorang apalagi klo yang kita baca benar, thanks.

@Madjongke, Iya biasanya seperti sob, thanks.

@SAZLINA, Sama-sama sobat thanks.

@Viella, Yo'i sobat benar sekali, thanks.

@Obat keputihan, Thanks.

@Blognya Venny, Saya jadi penasaran ven bagaimana tingkah laku orang saat sobat menunjukkan berminat ke orang tersebut untuk mendekati sobat dengan menunjukkan ciri2 orang tidak minat, apa orang itu mendekati sobat atau menjauhi sobat?

@Limit, Semoga bisa bermanfaat sobat, thanks.

@Cerita, wah bagus juga tuh sobat, kalau ada kekurangan pada tulisan saya bisa sobat tambahkan, thanks.

@Kini Aku Tahu, Koq bahaya sobat? kalau tidak ada niat jelek kenapa mesti bahaya sobat santai aja thanks.

@asalasah, Benar sekali sob, biasanya memang seperti itu, thanks.

@Bagus, Benar sekali sobat, hehe iyah sobat saya lihat di TV, tapi sekarang juga banyak para pejabat yang ahli membuat gerakan-gerakan positif untuk mengelabui, thanks.

ARMAN said...

@Imtikhan, thanks sukses juga buat sobat.

Asis Sugianto said...

mamapir lagi nih sobat menyambung silahturahmi di blog sobat...

BlogS of Hariyanto said...

tapi ada perbedaan makna antara gerakan tubuh yang disengaja dengan gerakan tubuh yang refleks terjadi :)

Rumah Al Banna said...

Pernah baca versi eBooknya tapi lupa ada dimana :( padahal bagus bgt disertai gambar orangnya hehehehe

Desa Cilembu said...

gerakan tubuh adalah bahasa yang langsung dibikin oleh ALLAH SWT, hasilnya pun dari gerak tubuh kita bisa melihat tingkat kesungguhan orang itu.

punten baru bisa mampir setelah cukup lama off.
salam sehat selalu

Madjongke said...

ehehe. Sama-sama kawan.

Aldio Blog said...

nice info sob, mantap nih..

affanibnu said...

kalo ada yang ngomong terus tidur itu artinya tidak sopan.. :D

fajar_p_k said...

terima kasih postingannya menambah ilmu saya.
maaf numpang nanya kalau bahasa tubuh itu bisa menipu tidak seperti bahasa lisan ?

Cara memutihkan kulit said...

Hehehe. Kok jarang update sekarang. Di tunggu nih artikel terbarunya. Sama nitip sesuatu ya. Jangan di anggap sebagai tanda tanda spam ya. hehehe. Tapi kalau keberatan di hapus juga gak apa. Ini hanya buat menarik minat aja kok. Gak ada niat lain.

Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!) said...

ini blog temanya apa ya gan ? xixixii

Rohis Facebook said...

lengkap banget sob..., kayakx sy hrs mencocokkan diri sy dgn artikel sobat ni.., thx ya sob infox.., happy blogging *smile

Zevin said...

Menambah pengetahuan sya tentang gerakan tubuh.
Thanks sob.

Cerita Tentang Dunia said...

saya juga sering menilai sesorang dari gerakan tubuhnya, terutama orang yang baru pertama bertemu. dari situ paling tidak bisa sedikit tahu bagaimana watak dari orang tersebut

Arman Syahputra Srg said...

keren gan
mampir dan comment blog sahabat
http://ilmupengetahuandankaryaanakbangsa.blogspot.com/

ICAH BANJARMASIN said...

Kunjungan disenen pagi nih bang Arman,memang betul bang sebagian kita bisa menilai seseorang dari gerak tubuh..mantef artikelnya bang Arman.

Urang Kampoeng said...

iya yach...saya baru sadar kalo memang gerakan tubuh ada artinya juga....

Buka(n) Master ? said...

Makasih infonya bang Arman, jadi Tahu Yanda² gerakan tubuh :D

Razif said...

Info menarik tentang gerak tubuh

cerita anak kost said...

wah datang ke sini ternyata belum update ya? ehm, pas baca di atas komentar, tenyata lagi ada troble ya, ehm, semoba cepat selesai ya troblenya. ok gan, tankyu.

obat penyakit herbal said...

wow suatu gerakan dapat mengartikan hhee

Alam's the great said...

Bru tw sy klw gerkn2 tbuh mmlk ksan trsndiri...

seniman fotografi said...

heheh ternyata gerakan tubuh banyak bgt arti nya, di tunggu artikel selanjut nya sob....^_^

Cilembu thea said...

menyimak saja kang, punten sekali, jarang bisa mampir cepet seperti dulu lagi, maklumin y.

salam sehat selalu

Lensa said...

Bahasa tubuh juga tidak bisa dibuat-buat, pasti akan dominan pada aslinya :)
Terimakasih untuk ilmunya nih, jadi pengen cari korban buat baca gerakannya hahahah :)
(maaf bos baru sempat blogwalking)

UnlimitSoft said...

tips yang oke bang... maaf ya baru bisa membalas kunjungannya... :D

dapah blog said...

Bermanfaat sekali sob infonya, Salam kenal & salam sukses selalu :)

Ramzi said...

kadang aku juga melakukan beberapa gerakan tubuh yang terlist dalam posting ini dan kayaknya memang benar begitu
nice share sob :)

Cilembu thea said...

bertamu kerumah sohib desa tercinta, memohon maaf dari kami sekeluarga lahir batin jelang puasa besok hari.
salam sehat selalu kang.

budi os 19 said...

Trima kasih sob uk share ibfp nya..
Vermanfaat sekali :)

ICAH BANJARMASIN said...

Mana artikel barunya nih bang Arman,aku tunggu ya..hahhahyyyy

nakusan computer said...

izin nyimak artikelnya Sob...
makasih sob....

M.sagha said...

nice entry.. ini kunjungan perdana.

M.sagha Ma said...

kunjungan perdana

[Edalogi] said...

assalamu'alaikum...
kunjungan silaturahmi yaa sob....

lama memang gak main di blog sobat sekalian....
maklum cuma memakai jasa warnet.....
semoga persahabatan kita tetap terjalin yaa sob....

Safio Wirasena said...

manteb mas bookmark dulu aja deh

Dena Arta Putra said...

Kunjungan perdana,Btw Nice Post

Iklan Gratis said...

bermanfaat sekali nih artikelnya untuk dijadikan bahan referensi, makasih ya.

Lensa said...

Saya yang mana nih? :-)
makasih ilmunya bos, jadi bisa menilai...
oh iya maaf telat tapi met idul fitri ya, mohon maaf lahir dan batin ya

pasar herbal said...

mungkin termasuk bibir yang tersenyum ya sob.....hehehe informatif sob postingnnya

Muhammad Endi said...

Gerakan tubuh semuanya bermakna ya.. :)

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...