Perilaku Di Tempat Bekerja

|
Pandangan majikan dan mitra kerja kalian terhadap kalian bagaimana? Apakah kalian selalu tampak terheran-heran? Arogan? Bosan?

Perilaku Di Tempat Bekerja
 
Studi dalam perilaku dan isyarat nonverbal menunjukkan bahwa tersenyum, menggerakkan tangan dan berbicara kemungkinan bvisa membuat kalian mendapatkan pekerjaan kalian. Tetapi seorang pewawancara yang cerdas bisa menembusi semua pagelaran keramahan itu dan menyadari bahwa kalian bukanlah orang yang tepat untuk pekerjaan yang kalian lamar. Menilai karakter, terutama selama wawancara pendek, adalah pekerjaan rumit.

Gunakan ujian benar – salah ini dan lihat saja bagaimana kalian menilai orang lain..
Apabila kalian membaca jawaban-jawabannya, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. Robert Gifford, Saya kemungkinan akan tergeran-heran.
1. Orang yang langsung menatap ke mata kalian dianggap sebagai tipe yang dominan.
2. Orang-orang arogan tidak tersenyum.
3. Menunduk dan melipat lengan adalah pertanda ketaatan.
4. Tidak bisa duduk diam, duduk membungkuk dan duduk dengan kedua kaki dirapatkan erat menunjukkan tidak percaya diri.
5. Lengan, kaki dan wajah di pasang dalam posisi kaku menandakan sikap dingin dan suka bertengkar.

1.Salah 2.Salah 3.Salah 4.Salah 5.Salah

Dr. Gifford mencapai kesimpulannya dengan mem-videotapekan dan membaca isyarat-isyarat non-verbal yang tidak kentara yang diberikan selama wawancara melamar pekerjaan.

Gifford menemukan bahwa sementara mereka yang tersenyum, menggerak-gerakkan tangan, duduk tegak dan bicara bebas mendapat pekerjaan, mereka tidak lebih memenuhi kualifikasi atau lebih memotivasi dibanding para pelamar yang duduk diam, tanpa gerakan tangan, dan tampak tegang.
Bersama ini beberapa Tips dan Trick untuk bisa membantu kalian mendapat teman dan mempengaruhi orang-orang yang tepat.

Wawancara : Kalian punya satu peluang untuk membuat kesan yang baik apabila kalian melamar pekerjaan. Bersama ini beberapa cara untuk mendekati momen keramat itu.
 Jangan :
- Memasuki ruangan dengan tatapan mata ke bawah, postur yang tidak bagus dan kesan bahwa kalian sudah kalah sebelum berperang.
- Tersenyum centil dan gerakan mata yang genit seperti sesekali mengipas-ngipas dengan kelopak mata.
- Duduk tidak tenang, bermain-main dengan rambut kalian dan menghindari kontak mata.
- Perlihatkan terlalu banyak kaki.
Lakukan :
- Pancarkan kesan percaya diri.
- Beri kesan bahwa kalian serius dan dating untuk “berbisnis.” Fokuskan pandangan kalian pada mata dan dahi si pewawancara.
- Senyum sedikit dengan memperlihatkan minat tetapi bukan undangan terbuka.
- Doyongkan tubuh ke depan.
- Gunakan gerakan-gerakan tangan kecil.
- Biarkan telapak tangan terbuka, karena berbuat demikian menunjukkan kejujuran.
- Silangkan mata kaki.

Jabatan tangan : Waktu mengakhiri sebuah wawancara atau pada pertemuan bisnis apapun, jabatan tangan adalah bagaimana kalian akan diingat. Jangan berjabatan tangan dengan memberi tangan yang lemas dan loyo atau jabatan sepintas dengan dua jari saja. Sebaliknya, jabat tangan dengan hangat, kokoh dengan gerakan ke atas dan kebawah dan segera lepaskan.
Jangan sekali-kali mengelap tangan kalian pada rok atau kaki celana kalian di depan orang yang tangannya baru saja kalian jabat. Dalam bahasa apapun, gerakan seperti itu berarti, “Memegang tanganmu itu menjijikkan.”

Memasuki ruangan : Kaum wanita cenderung membuat dua kali lebih banyak gerakan disbanding kaum pria. Kurangi gerakan-gerakan sampai seminim mungkin. Jangan merepotkan diri dengan rambut kalian, mengeluarkan sesuatu dari tas atau menarik-narik baju kalian. Ini memberikan kesan bahwa kalian tidak siap dan mengulur-ngulur waktu saja.

Kedua tangan : Waktu berbicara, kaum wanita cenderung mengatakannya dengan tangan mereka. “Tari-tarian tangan” ini mengurangi bobot apa yang dikatakan. Berbagai studi menemukan bahwa orang yang dianggap pemimpin cenderung langka gerakan. Mereka dalam ruangan mendengarkan kata-kata dan bukan memperhatikan gerakan tangan.

Menyembunyikan kedua tangan : Apabila kedua tangan menghilang ke dalam saku, berarti bahwa ada sesuatu yang disembunyikan. Jika, apabila kedua tangan bersentuhan dengan uang receh, maka kecendrungannya ialah menggerincingkannya. Kedua-duanya akan merugikan kalian kalau kalian sedang berbisnis atau melamar pekerjaan. Melipat tangan didepan selangkangan kalian membuat kalian tampak kurang percaya diri.

Mengunyah pinsil : Mengunyah pinsil menunjukkan nahwa kalian sedang gugup (lagipula itulah perbuatan tidak sehat dan kotor). Karena kebiasaan ini dimulai di SD, maka berbuat demikian juga menunjukkan bahwa kalian tidak dewasa.

Melipat tangan : Duduk dengan kedua lengan dilipat membentangi dada menunjukkan bahwa kalian menetang gagasan-gagasan baru.

Bersikaplah reseptif : Dengan membuka bagian atas tubuh, menempatkan kedua lengan di kedua sisi atau menyandarkannya pada meja dalam sikap “terbuka,” maka kalian mengatakan, “Saya ingin mendengar gagasan-gagasanmu.”

Suara : Mereka yang berbicara dengan nada yang lebih rendah damn berbicara perlahan dianggap sebagai lebih kuat dan jujur. Ucapkan kata-kata dengan jelas dan terang untuk mencegah salah pengertian.

Ruang : Orang-orang kuat mengambil lebih banyak ruang. Mereka mendoyongkan tubuh kedepan, membentangkan lengan dan kaki mereka dan “memegang kendali “ dengan tubuh mereka.

Ruang untuk laki-laki : kaum pria sering membentangkan diri mereka, menempatkan lengan mereka dikursi dekat mereka, kaki dimeja tulis. Mereka mengubah posisi mereka secar priodik, membuat mereka tampak santai dan percaya diri. Orang laki-laki sering menggnakan postur ini yang berarti, “Saya mengendalikan. Tidak ada yang perlu saya sembunyikan atau alas an untuk membela diri saya.”

Ruang untuk perempuan : Kaum perempuan cenderung mengambil tempat lebih kecil dengan membiarkan kedua lengan merekadisisi mereka dan kedua kaki dihimpit. Apabila mereka melakukan posisi yang memerintah, mereka dianggap melampaui “rambu-rambu” mereka.

Ruang untuk semua : Orang punya kesadaran alami akan jarak terhadap apa yang ada disekelilling mereka. Kecuali kalau kalian berada diruangan yang penuh sesak, jaga jarak waktu kalian berbicara dengan orang lain. Bergerak masuk ke dalam ruang mereka, biasanya tiga sampai enam kaki kemungkinanakan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Perantara yang menyenangkan : Kaum wanita harus memperaktekkan postur mereka di depan cermin atau dengan seorang teman sampaimereka menemukan beberapa postur cara berdiri dan duduk yang membuat mereka tampak percaya dan yakin pada diri sendiri.
Cobalah duduk miring, dan bukan menghadap secara frontal. Doyongkan tubuh ke depan, dengan satu lengan di meja. Letakkan dagu kalian pada satu tangan, bukan pada dua tangan. Berikan kesan santai dan menguasai diri dengan tidak bermain-main dengan perhiasan, terutama anting. Coba sesekali bergerak dan tidak duduk tegap saja seperti patung.

Supaya bisa di dengar : Supaya didengar, berdirilah tegap dan duduk tegak. Sesuaikan garis pandangan lebih tinggi dari pada mereka yangada disekeliling kalian.

Cara mengecoh yang tidak kentara : Dalam sebuah pertemuan, kaum wanita harus cerdas dan pintar suara mereka bisa di dengar. Satu cara untuk membuat orang lain mendengar adalah berdiri tegak dan kesana kemari waktu berbicara. Jika ada coofe maker dalam ruangan, berdiri dan menuangkan secangkir kopi untuk kalian dan kemudian mengutarakan apa yang kalian inginkan akan mengarahkan semua perhatian kepada kalian. Dengan demikian kalian memimpin, setidaknya pada saat itu.

Menyatakan pendapat kalian : Berdiri dalam sikap dada berhadapan dada adalah sikap tempur. Sikap ini membuat kaum pria tidak nyaman. Kaum wanita yang menyatakan pendapat mereka harus memposisikan diri di ruang pria. Kemungkinan si pria itu akan mundur. Tempatkan diri kalian di pusat perhatian lagi. Jika didinding di belakang laki-laki itu, lebih baik lagi. Ia tidak punya jalan keluar dan kalian bisa menyatakan pendapat kalian.

Tersenyum : Jangan tersenyum berlebihan. Sedikit tertawa kecil dianggap sopan, tanpa menjadi undangan seksual. Tetapi terlalu banyak senyum, terutama pada saat-saat tidak tepat, akanmembuat kalian tampak sebagai orang yang terlalu ingin dipuji dan diterima.
Ingin kenaikan gaji? Ada cara yang baik dan salah untuk mendekati boss kalian supaya bisamendapat kenaikan gaji.
Jangan :
- Duduk dikursi membungkuk dengan kedua kaki tidak teratur.
- Bersandar dikursi ; keliahatannya seperti kalian mau menarik diri.
- Sentuh hidung, tarik telinga atau hindari kontak mata. Semua ini menunjukkan kebohongan.
Lakukan :
- Duduk tegap dan sedikit mendoyong kedepan.
- Silang mata kaki.
- Tatap mata boss.
- Tersenyum dengan mulut agak terbuka.

Meraba-raba : Meraba-raba dikantor adalah wilayah kelabu, apalagi di zaman ini dimana sering terjadi pelecehan seksual. Kaum pria lebih sering meraba kaum wanita dari pada wanita meraba pria.
Menepuk punggung, mengadu-ngadu bahu dan tonjokkan ke perut adalah hal-hal umum tetapi tidak bisa diterima. Masing-masing, kaum pria dan wanita sebaiknya jangan saling meraba dan sentuh dibagian-bagian yang bisa dianggap seksual.
Tambahan yang harus dan jangan dilakukan :
- Setiap rabaan atau sentuhan harus ringan, pendek dan di bagian tubuh yang netral.
- Menyentuh atau meraba atasan jangan sekali-sekali dilakukan.
- Menepik punggung adalah gerakan mengecilkan.
- Meremas lengan atas atau menjabat tangan jauh lebih baik.
- Tidak dianjurkan menepuk, merangkul dan saling menggosok-gosok leher.

Sekian tips sederhana yang dapat saya utarakan tentang prilaku di tempat bekerja. Semoga bisa bermanfaat buat sahabat semuanya. Bila ada kesalahan mohon dikoreksi dan bila ada kekurangan mohon ditambahkan. Baca juga artikel tentang Melihat Foto-foto Lama Bisa Mengungkap Rahasia dalam Suatu Hubungan pada postingan sebelumnya. Happy blogging.


30 komentar:

Asis Sugianto said...

memang banyak perilaku di tempat kerja sobat dan biasanya tergantung dari kepribadian individu sobat...

Didin Supriatna said...

Dari sekian ciri2 diatas memang ada beberapa yang cocok dengan diri saya,, ya memang mungkin awalnya perbuatan ditandai dengan sikap.. luar biasa infonya..

Blog Keperawatan said...

Dapat ilmu baru nih, dulu waktu melamar pekerjaan dan test wawancara sebagian postingan sahabat saya lakukan loh hehehe

Bagus Sugiarto said...

Ilmu yang sangat penting untuk dipraktekan jika mengalami yang demikian. Terima kasih sudah berbagi....

Kini Aku Tau said...

Wah asik.. bagus sekali disini tips yang harus dilakukan dalam menghadapi tes wawasan cara... lengkapnya.. saya suka :)
mulai ari yang disuruh dan yang jangan dilakukan aat wawancara.. ternyata selama ini saya banyak kekeliruan mengenai menunduk, saya kira bagus menunjukkan kesopanan :)

Asalasah said...

wah asik sekali, banyak dan lengkap tentang tata dan hal apa yang harus ilakuka, okee nanti kalo ane mau lamar kerja bisa di renungkan semuanya :D

Sundul said...

Ilmu yang sangat bermanfaat. Support Sobat

cik awi said...

Uraian yang sangat menarik untuk di simak dengan penuh makna dan sering juga kita lihat dan kita melakukanya

Masa Depan said...

aku ijin save ya bang .. semoga nanti bermanfaat ... heheh

cerita anak kost said...

wah banyak nie gan, ehm, ane pernah belajar waktu baca buku alan peace tentang bahasa tubuh. heheh, menari juga nie pembahasan agan. benar benar jadi pedoman ketika wawancara, tapi ane suka luapa klo baca beginian, ane ma yang penting wawancara, percaya diri aja. ud itu aja... sisanya, berdoa. heheh

agusbg said...

nambah wawasan nih mas... apalagi saya belum pernah bekerja di kantoran jadi saya rasa saya perlu memahaminya, terima kasih...

SAZLINA COMP said...

postingan yang bagus sob

izin follow ya

Majalah Masjid Kita said...

yang demikian sangat menjelaskan bahwa tipe atau karakter manusia memanglah berbeda2.. jadi memang gak perlu diseragamkan ko' :p

Mbak Iis said...

wah mantap nich postingannya...
memang tipe orang tuh berbeda2x tp hars tetap bisa bergaul dng baik.

kampungku corolla said...

Beul bang apa yang terpampang/tertulis di atas,kdngkala manusia suka terbawa nafsu,paa asarnya manusia biarpun ga ada niat,tapi aa kesempatan di situlah datangnnya syaiton.

nice tips terima kasih
happy blogwalking

ICAH BANJARMASIN said...

Terus terang bang Arman..ada tuhh ciri-ciri yang kaya saya ...hahhahyyyyy.

ARMAN said...

@Asis, Iya sobat semuanya tergantung dari masing2 individu thanks.

@Didin, Alhamdulillah sobat thanks.

@Keperawatan, Wah bagus tuh sukses terus sobat, thanks.

@Bagus, Semoga bermanfaat sobat, thanks.

@Kini Aku Tau, Semoga bisa bermanfaat saat wawancara nanti sobat, thanks.

@Asalasah, semoga benar bermanfaat amin sobat thanks.

@Sundul, semoga benar bermanfaat sobat thanks.

@Masa depan, Silahkan bang thanks.

@Cerita, Hehe iya sobat percaya diri juga penting dan tidak lupa berdoa, thanks.

@agusbg, Semoga bisa pahami dan dioeraktikan sob, thanks.

@sazlina comp, Alhamdulillah thanks.

@Majalah, Hehebenar sekali sobat thanks.

@Mbak Iis, bergaul itu harus mba agar bisa bersosialisasi dengan orang lain, thanks.

@kampungku, Alhamdulillah thanks bang.

@ICAH, Alhamdulillah bang icah hahay

Aldio Blog said...

mantap nih, jadi nambah ilmu baru :)
sundul lagi sob untuk hari ini:)

Seniman fotografi said...

wah sangat bagus sekali artikel ini, sangat membantu.....^_^
bertambah ilmu ku disini...........

Metal Blog Ku said...

memang bnyak perilaku d'tempat kerja

Bang Dayat said...

wahhh, manteb nih sobat..
sangat bermanfaat untuk kita ketahui bersama :))

Admin Dunia Info dan Ilmu said...

Menarik sekali artikelnya..
I Like It..
Jangan lupa, follow My Blog ya Sob..
Thanks

Razifredz said...

Wow ... menarik, banyak yg dibincangkan disini

Cerita Tentang Dunia said...

yang penting hati hati dalam bertindak saja,hehe

Anonymous said...

berpikir sbelum melakukan sesuatu itu lebih baek bro

Madjongke said...

Infonya bermanfaat sobat. Tapi sayangnya madjongke tidak ada niat untuk bekerja dalam arti ikut perusahaan atau perorangan. Tapi meski begitu info tentang pekerjaan ini tetap berguna bagi madjongke karena bisa menambah pengetahuan yang selama ini belum sempat tersimpan di otak. Sekali lagi terima kasih dan selmat malam.

Ririe Khayan said...

detail dan banyak nian neh perilaku di tempat kerja...nah kalau saya kadang suka naruh pena di telinga kayak tukang gitu deh, habis suka lupa naruhnya...hehehehe

Cream Pemutih Wajah said...

postingan yang bagus,,,

Obatherbals said...

Artikel yang sangat bermanfaat, khususnya buat pegawai kantoran gan .
Makasih gan infonya ??

Sundul said...

Sangat menarik untuk di simak. Support

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...