Mendeteksi Gangguan pada Hard Disk

|
Mendeteksi Gangguan pada Hard Disk ~ Setelah share sebuah Blogger Tutorial mengenai cara mudah untuk Meningkatkan Traffic Blog dengan AutoSurf dan sebagai lenjutan dari Tips And Tricks Computer mengenai bagaimana Mendeteksi Gangguan pada Memory RAM komputer, hari ini ARMAN BLOG akan share bagaimana Mendeteksi Gangguan pada Hard Disk komputer.


Hard Disk


Lakukan langkah berikut untuk mendeteksi gangguan pada hard disk.

- Restart komputer, kemudian masuk ke dalam "BIOS Setup". Kemudian, lakukan pengaturan "IDE HDD Auto Detection". Ini di lakukan agar BIOS dapat mendeteksi keberadaan hard disk secara otomatis. Jika parameter hard disk tampil di dalam BIOS, berarti hard disk kemungkinan masih bisa digunakan. Namun, apabila parameter hard disk yang ditunjukkan oleh "BIOS Setup" adalah Null atau kosong, berarti hard disk mengalami kerusakan.

- Untuk memastikan kondisi hard disk bisa dilakukan dengan cara memformat melalui DOS (cara ini sering dilakukan oleh para teknisi komputer). Setelah dideteksi melalui "BIOS Setup", format hard disk melalui DOS sampai selesai (100%).Apabila proses tidak sempurna (tidak 100%), akan menyebabkan hard disk rusak atau "Bad Sector". Cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan hard disk "Bad Sector" dan kondisinya belum terlalu parah dengan menggunakan sebuah software "HDD Regenerator". Aplikasi tersebut bisa di download di internet.

Sekian semoga bermanfaat



12 komentar:

Jejak Puisi said...

ane belum berani cek hard disk tanpa ada ahlinya kang. paling juga kalo ngecek minta bantuan sama teman :D. ngeri rusak... kan sayang... cuma gara2 ngecek, eh malah rusak.

thanks dah berbagi kang. salam sukses

Anonymous said...

@jejak Puisi, Iyo kang :D

Unknown said...

tambahan ilmu sob....sudah lama gak cek hardisk ku...happy blogging

Anonymous said...

@M. Chandra Panjinata, Happy blogging juga sob

Admin said...

gunain software hdd regeneratornya kira kira kalo di pake sama orang awam kayak ane bisa ga ya gan, ngeri malah tambah parah hehe

salam kenal

Lensa said...

Kebetulan lagi pengen belajar jadi teknisi :) hheehe
Nice post

Anonymous said...

@diionn, kalo agan ragu lebih baik suruh teknisi aja gan, bilang ke teknisinya agan minta ajarin :D klo ga dicoba kpn bisanya gan

@Lensa, Thanks sob saya juga lg belajar hihihi

Lensa said...

Kalau ilmunya sudah dalam jangan lupa bagi-bagi :)

Anonymous said...

@Lensa, siiip sob...thanks

iklan baris gratis said...

thanks bro infonya, kompie ane sering ngadat nih kayanya ada problem sama hd nya.

Anonymous said...

@iklan baris gratis, oke bro sama-sama, pc nya ngadatnya gmna bro?

The Toms Networking Cyber said...

ane pernah nih gan punya masalah sama Hard disk ane , tapi ane udah nemuin gejala'a
menurut ane :
1. hard disk itu rusak di karenakan piringan kaset'a panas atau terkena debu
2. kebakar
3. full memory chace

pertamax nih gan segera ane amankan ^^^

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...