Mendeteksi Gangguan VGA Card

|
VGA Card
 
Mengatasi Gangguan VGA Card ~ Setelah share bagaimana Mendeteksi Gangguan pada Motherboard, hari ini saya akan share bagaimana Menedeteksi Gangguan pada VGA Card. Pada postingan terdahulu saya pernah share bagaimana Tips Memilih VGA Card sebelum kalian membuat sebuah keputusan untuk membelinya. Perlu kalian ketahui segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi, so bagaimana pun bagusnya VGA Card yang kalian beli bukan tidak mungkin pasti akan mengalami gangguan karena faktor usia dan pemeliharaan tentunya.

Untuk mendeteksi gangguan pada VGA Card , lakukan langkah berikut.
- Nyalakan komputer dalam kondisi VGA card belum terpasang. Kemudian amati dan catat hal-hal yang terjadi.
- Shut down komputer dan pasang kembali VGA Card. Kemudian nyalakan kembali komputer. Amati dan catat informasi yang ditampilkan.

Contoh kasus 1
Monitor tidak dapat menampilkan gambar apa pun.
Solusi :
- Pastikan VGA Card sudah terpasang dengan benar.
- Apabila pemasangan VGA card sudah benar, tetapi monitor tetap tidak memampilkan gambar, berarti ada dua kemungkinn. Pertama, VGA card rusak. Kedua, slot VGA rusak.
- Apabila sesaat setelah pemasangan VGA card terdengar bunyi "Beep", berarti di dalam komputer tersebut terdapat dua buah VGA card (salah satunya built in atau on-board). Jika ini terjadi, masuk ke dalam (Bios Setup). Kemudian, nonaktifkan (desable) fungsi VGA card on-board pada motherboard.

Contoh kasus 2
Gambar hanya berfungsi pada DOS, tetapi tidak berfungsi setelah masuk ke dalam windows.
Solusi :
- Hal ini mungkin disebabkan driver VGA card yang salah (tidak kompatible) atau rusak (crash) pada saat melakukan instalasi driver. Lakukan instalasi ulang driver VGA card. Kemudian restart komputer.
- Apabila VGA card di overclock, kemungkinan yang sering terjadi adalah pengaturan kecepatan yang terlalu tinggi. Restart komputer, tekan (F8) untuk masuk ke dalam menu (Safe Mode). Reset VGA card agar kembali pada kecepatan (Default).

Contoh kasus 3
Tidak bisa mengganti VGA card on-board denga VGA card PCI Add-on.
Solusi :
- Uji cobakan VGA card PCI Add-on pada chipset atau komputer yang berbeda.
Periksa (Bios Setup) atau motherboard, apakah terdapat jumper atau settingan konfigurasiuntuk menonaktifkan VGA on-board. Umumnya, di dalam (Bios Setup) terdapat pengaturan untuk menonaktifkan VGA card on-board.
- Pindahkan VGA card Add-on pada slot PCI yang lain.

Contoh kasus 4
Tidak bisa melhat ketajaman warna dan kombinasi resolusi yang diinginkan.
Solusi :
- Periksa VGA card, apakah pemasangannya benar dan terdeteksi oleh windows. Dan, apakah memory card bekerja dengan baik?
- Coba gunakan software untuk mendiagnosa card tersebut.

Contoh kasus 5
Tidak bisa melakukan refresh.
Solusi :
- Pastikan VGA card dan monitor "dikenali" oleh windowas.
- Pastikan sudah menginstal driver VGA Card dan kondisi monitor masih baik atau normal.

Contoh kasus 6
Tampilan pada monitor hanya kurang dari (kuranglebih 256 warna) dan tidak ada pilihan warna lainnya.
Solusi :
- Hal ini sering disebabkan karena belum melakukan instalasi driver yang kompatible dengan VGA card dan monitor yang digunakan.
- Lakukan instalasi driver yang sesuai dengan tipe VGA card yang digunakan. Sebaiknya, lakukan instalasi driver melalui (Device Manager).

Contoh-contoh kasus di atas merupakan pengalaman yang pernah saya alami di PC besar saya dan di bantu oleh seorang teknisi untuk menyelesaikannya. Sekian di tunggu cara mendeteksi gangguan di bagian omderdil komputer lainnya.

Semoga bermanfaat Happy blogging...



2 komentar:

Lupa Nickname said...

posting yang bagus..
makasih atas infonya..
kunjungi juga web kami di
http://stisitelkom.ac.id

The Flash said...

Kalau vga onboardnya rusak, terus kita mau pasang vga card, bagaimana ya? sedangkan kita mau install driver vga card baru sama setting vga di biosnya tidak bisa, karena vga onboardnya mati.. ada solusi bos trims..

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...