Tips Memilih RAM (Random Access Memory)

|
Sebelum merakit computer, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan atau membeli komponen computer (hardware). Berikut ini akan dibahas tips memilih agar memudahkan anda saat memutuskan untuk membeli komponen tersebut.
RAM (Random Access Memory)
RAM atau sering disebut memory saja merupakan komponen penyimpan data atau perintah sementara sebelum diperoses lebi lanjut oleh processor.



Tips Memilih Memory
Sebelum membeli memory atau RAM, sebaiknya kalian perlu menyimak beberapa Tips Memilih RAM (Random Access Memory) berikut.

1. Pilih memory yang sudah terbukti kualitasnya. Beberapa pabrikan memory yang beredar di pasaran antara lain V-Gen, Visipro, Kingston, Corsair, Twinmos dan Mushkin.
2. Pilih memory yang chipsetnya telah terdaftar di JEDEC (Joint Electron Device Engineering Councils atau Asosiasi Perusahaan Semikonduktor Internasional).
3. Apabila motherboard mendukung slot DDR, sebaiknya pilih memory DDR/DDR2.
4. Apabila kalian hoby overclocking atau mengutak-ngatik performa PC, mungkin memory tipe HyperX dan Extreme bisa dijadikan pilihan.
5. Sesuaikan tingkat kebutuhan penggunaan computer dengan kapasitas memory.

  • Untuk computer penggunaan umum atau hanya pekerjaan administrasi (office), pilih memory yang berkapasitas 256 MB.
  • Untuk computer penggunaan umum yang lebih berat (bukan sekedar pekerjaan administrasi), pilih memory yang berkapasitas 512-1.024 MB.
  • Untuk computer khusus game (terutama game online), pilih memory yang berkapasitas 1 GB atau lebih.
  • Untuk computer performa tinggi (data base atau server), pilih memory yang berkapasitas di atas 1 GB.

6. Pastikan RAM yang dibeli mempunyai garansi toko atau garansi pabrikan (minimal 1 tahun).



4 komentar:

bisnis2qta said...

saran yang bagus...

Arman said...

@bisnis2qta, thank sob semoga bermanfaat

Anonymous said...

kurang,
seharusnya jelaskan bagaimana melihat kecocokan prosesor dengan RAM. misal, prosesor intel FSB 1600, cocok dengan DDR2 800. gimana cara tau cocoknya? ya tinggal bagi fsbnya dengan 4 x 2 (contoh doank lho), , semoga saran ini bermanfaat

ARMAN said...

@Anonymous, maaf mas disini saya hanya menjelaskan memilih barang tergantung kualitas dan kebutuhan usernya, kalau masalah kecocokan dengan hardware yang satu dengan hardware yang lain kita bisa langsung bertanya ke teknisi tokonya karena pada saat itu membeli hardware secara bersamaan sebelum merakit, tetapi bagus juga kalau ditambahkan spesifikasi secara detail, terima kasih sarannya mas

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...