Mendeteksi Gangguan pada Memory RAM

|
RAM Low

Mendeteksi Gangguan pada Memory RAM ~ Setelah membahas sebuah Blogger Tutorial mengenai cara Membuat Effect Gelap Terang pada Widget dan sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya tentang bagaimana bagaimana Mendeteksi Gangguan pada Sound Card komputer, hari ini ARMAN BLOG akan membahas bagaimana Menedeteksi Gangguan pada Memory Card omputer. Cekidot.

Gangguan pada RAM pun sangat mudah di deteksi. Gangguan yang sering terjadi pada memory (RAM) sebagai berikut.

- Biasanya muncul pesan di monitor : “ Memory Full “ atau “ Memory Low “.
- Jika memory error, biasanya muncul pesan di monitor “ Error Memory “.

Untuk mengatasi masalah diatas, lakukan langkah berikut.

- Lakukan pembersihan memory RAM seperti pada postingan sebelumnya. Bisa kalian lihat disini. Bisa juga nenggunakan sebuah software seperti RAM Booster yang akan bekerja secara otomatis bila terjadi “Virtual Memoruy Low”, untuk mendapatkan softwarenya klik disini.
- Buka casing computer. Kemudian, lepaskan memory RAM dari slotnya. Nayalakan kembali computer. Amati dan catat pesan yang muncul pada layar monitor.
- Pasang kembali memory RAM dengan benar. Amati dan catat kembali informasi yang muncul pada layar monitor.
- Apabila langkah di atas telah dilakukan dan computer tidak dapat booting, lakukan langkah berikut.
1. Pastikan modul memory terpasang atau tertancap dengan benar. Apabila modul sudah terpasang dengan benar, tetapi computer masih tidak bisa melakukan proses P.O.S.T, pindahkan modul memory ke socket lainnya.
2. Apabila masih tetap belum bisa booting, bersihkan modul memory RAM dan socket. Kemudian, pasang kembali modul memory RAM ke slot semula. Nyalakan kembali computer.
3. Apabila langkah di atas masih belum berhasil, uji cobakan memory RAM yang sejenis dari computer lain. Pasang dan nyalakan kembali computer . Jika tetap tidak bisa pada tahapan ini berarti modul memory RAM rusak, berarti hal ini mengharuskan kalian untuk membeli RAM yang baru dan untuk tips memilih RAM sebelum membeli kalian lihat disini.






4 komentar:

Desa Cilembu said...

walah..asli saya ngga ngerti, saya malah mau tanya, tapi ngga ngerti apa yang kudu ditanyain, kemaren tiba-tiba notebook ku ujug-ujug error window 7, abis nya ngga bisa dinyalain lagi...panik deh..iseng tadi sore tak buka..loh ko bisa..kudu gimana tuh? merk nya DELL INSPIRON

ARMAN said...

@Cilembu, errornya apa yg keluar kang? Saya belum pernah ngalami yg kayaq gini, coba akang rajin bersihin systemnya, defrag seminggu sekali...update windows akang klo asli kalo ga asli jangan ntar kena stempel. Klo masalah ga bisa nyala lagi...tiba2 iseng nyalain ternyata bsa nyala mungkin masalhnya notebook akang mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Kalau kasusnya memang notebook akang mengalami overheat ciri-ciri yang bisa akang lihat adalah sebelum notebook akang mati maka akan ada bunyi beep beberapa kali, kemudian notebook mati.klo emang demikian coba akang cek fan yang buat processor bekrja normal atau tidak (sebaiknya akang ke ahlinya klo masalh laptop)

Jejak Puisi said...

ane mang gak ngerti kalo urusan otak-atik kompi kang. paling nyuruh tukang servic komputer.... hehehehehe

thanks dah berbagi kang... salam blogger^^

ARMAN said...

@jejak puisi, klo ragu emang lebih baik begitu kang...thanks

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...