Tips Over-clocking Komponen Komputer

|
Overclock

Tips Over-clocking Komponen Komputer ~ Alhamdulillah hari ini saya masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk melakukan update blog tercinta saya. Setelah membahas Tips Aman Konsumsi Air Setiap Hari pada postingan sebelumnya, kesempatan kali ini sesuai dengan judul artikel diatas kita ARMAN BLOG akan membahas sebuah tips untuk melakukan over-clocking pada komponen komputer sebagai tambahan koleksi artikel saya pada tags Tips And Tricks Computer. Yuk langsung disimak.

Over-clock atau over-clocking adalah mengubah atau mengatur kecepatan processor/CPU menjadi lebih cepat dibandingkan dengan spesifikasi kecepatan standard yang tertera pada processor tersebut. Sebenarnya, over-clock mengubah kecepatan clock speed sebuah processor pada sebuah VPU (VGA) atau clock speed chipset motherboard. Teknik atau cara yang dapat dilakukan untuk over-clocking sebagai berikut.

- Meningkatkan Multyplier.
- Meningkatkan Bus-clock.
- Meningkatkan Multyplier dan Bus-clock.

Ketiga cara di atas dapat dilakukan secara haradware maupun software.

Overclocking secara Hardware
Melakukan perubahan pada pengaturan jumnper (switch) yang mengatur Bus-clock dan Multyplier.

Over-clocking secara software
Melakukan perubahan Bus-clock atau Multyplier melalui pengaturan BIOS pada soft menu. Umumnya, cara over-click seperti ini terdapat pada motherboard tipe baru yang menggunakan jumperless dan memiliki soft menu BIOS.

Tujuan melakukan over-clock pada sebuah komputer sebagai berikut.
- Memacu kerja processor, VGA dan CPU agar bekerja lebih cepat atau mengubah keceptan standard menjadi kecepatan "di atas" standard.
- Biasanya, over-clock dilakukan untuk mempercepat kinerja komputer agar lebih nyaman digunakan, terutama untuk menjalankan aplikasi permainan (game) yang membutuhkan memory besar, speed tinggi dan resolusi grafik yang tinggi.

Cara melakukan over-clock sebagai berikut.
- Mengubah VGA yang memiliki kecepatan core 400 Mhz menjadi 450 Mhz untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik.
- Mengubah kecepatan processor VGA yang memiliki kecepatan Bus 200 Mhz menjadi 250 Mhz agar proses rendering gambar dan aplikasi game menjadi lebih baik.
- Meng-over-clock processor.

Contoh kasus
Komputer yang memiliki processor 1.6 GHz dengan Bus 100 MHz dapat dirubah menjadi processor berkecepatan 2.1 GHz dengan Buss 133 MHz. Over-clock yang bisa dilakukan sebagai berikut.
- Masuk ke dalam BIOS Setup.
- Pilih Menu Option BIOS >> masuk ke menu Processor Speed.
- Ubah kecepatan FSB dari 100 MHz menjadi 133 MHz.

Sekarang, komputer tersebut akan bekerja pada kecepatan 16 x 133 MHz atau 2.123 MHz atau 2.1 GHz. Semudah itukah overclocking? Yups, memang mudah!

Biaya Over-clocking
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan over-clock?
- Over-clock itu bisa dilakukan tanpa biaya! Ini berlaku ketika meningkatkan kecepatan processor 10% - 20% dari kecepatan sebelumnya karrena uma mengubah settingan pada BIOS Setup.
- Meningkatkan kecepatan sampai 25% akan mengakibatkan processor cepat panas. Efeknya, heat sink tidak akan mampu menangani panas yang dihasilkan processor. Apabila kondisi ini dibiarkan, komputer akan cepat panas dan sering hang. Jadi, untuk meng-over-clock sampai 25% dibutuhkan heat sink husus yang dilengkapi dengan sistem pendingin dan kipas yang berkualitas. Tentunya, harga heat sink tergantung dari model, ukuran dan kualtas yang ditawarkan.
- Meng-over-clock semua perangkat (device) yang ada (misalnya VGA dan atau memory) memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bisa jadi, biaya yang harus dikeluarkan sama dengan membeli sebuah komputer baru.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum mulai melakukan over-clocking processor.
- Processor memiliki batas kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatannya, panas yang dihasilkan akan semakin tinggi, akbatnya PC menjadi tidak stabil (cepat hang). Jadi, seperti yraian sebelumnya, untuk mengatasi panas processor dibutuhkan sistem pendingin yang mumpuni. Kualiatas heat sink dan kipas processor perlu mendapat perhatian utama. Jika heat sink dan kipas processor lama di perkirakan tidak mampu mengatasi panas, sebaiknya segera ganti heat sink dan kipas processor yang berkualitas.
- Semakin tinggi multyplier sebuah processor, kerja processor semakin tidak stabil.

Contoh kasus
Komputer yang menggunakan processor 2.4 Ghz dengan multyplier 12 x 200 Mhz bisa dengan mudah di-over-clock menjadi 3 Ghz dengan Bus 250 Mhz (terjadi peningkatan 25 dan hasilnya lebih stabil). Sekarang, coba bandingkan komputer yang menggunakan processor 3 Ghz, Bus 200 Mhz, Multplier 15 x 200 Mhz yang di-over-clock menjadi 3.75 Ghz dengan Bus 250 Mhz (komputer tidak stabil dan cepat hang).

- Over-voltage power processor atau menambahkan suplay tegangan pada processor berfungsi menjaga kestabilan komputer. Apabila over-clock yang dilakukan pada processor masih dalam batas kewajaran, over-voltage tidak perlu dilakukan. Namun, over-clock yangcukup ekstrim membutuhkan over-voltage. Efek sampingnya, processor akan cepat panas.

Mengapa over-voltage perlu dilakukan?
Semakin cepat processor bekerja, semakin besar daya atau power yang dibutuhkan. Menambah power (voltage) processor akan memberikan suplay daya yang cukup agar processor mampu bekerja di atas kecepatan standard. cara melakukan over-voltage, masuk ke dalam BIOS Setup >> Pilih Vcore >> Ubah angka atau nilai Vcore.

Tahapan Over-clocking
Tahapan melakukan over-clocking sebagai berikut.
- Kalian harus mengetahui letak atau tempat untuk melakukan reset BIOS. Hal ini penting dilakukan untuk mereset BIOS ketika komputer terkunci karena melakukan over-clocking. Selain itu, cara ini bisa dilakukan pada saat komputer tidak dapat booting secara normal karena pengaturan BIOS yang tidak tepat.
- Sabar, terus mencoba dan tidak takut gagal. Sikap ini penting untuk ditanamkan pada diri. Sebaiknya, over-clocking dilakukan secara bertahap utnuk mengetahui dan menganalisis, apakah pengaturan kecepatan yang telah dilakukan berjalan sesuai keinginan. Apabila over-clocking tidak berhasil, atur kembali BIOS seperti semula.

Adapun Efek Negati dan Efek Positif melakukan Over-clocking sebagai berikut.

Efek Negatif Over-clocking
Walaupun over-clocking bertujuan mendongkrak kinerja komputer, bukan berarti tidak menimbulkan efek negatif. Efek negatif over-clocking antara lain.
- Processor akan menghasilkan panas yan berlebihan. Efek panas yang berlebihan bisa di antisipasi dengan penggunaan sistem pendingin yang memiliki kualitas  di atas sistem pendingin standard.
- Kesalahan operasi (perhitungan) clock processor mengakibatkan panas yang  berlebihan dan tidak wajar. Apabila ini terjadi, processor akan rusak atau terbakar

Efek Positif Over-clocking
- Kinerja komputer menjadi lebih cepat "seolah-olah" menggunakan teknologi processor yang lebih tinggi.
- Cara termurah meningkatkan kecepatan kerja CPU.
- Memodifikasi spesifikasi processor yang tidak ada dipasaran (hobiss).

Antisipasi Kegagalan Over-clocking
Untuk mengantisipasi dan menghindari efek negatif, kalian perlu mengetahui penyebab kegagalan over-clocking. Beberapa faktor penyebab yang sering menyebabkan over-clocking gagal dilakukan sebagai berikut.
- Memory merupakan faktor paling dominan. Apabila over-clock sudah dilakukan, kecepatan memory harus bisa mengimbangi kecepatan processor. Untuk itu, gunakan memory khusus yang bisa juga di over-clock. Sebaiknya, gunakan jenis memory di atas spesifikasi standard.
Penggunan heat sinkstandard dapat menyebabkan processor menjadi cepat panas. Beberapa model motherboard dan processor memiliki proteksi ketika processor melewati batas panas.
- Daya yang tidak mencukupi untuk menyuplay tegangan ke processor yang telah di over-clocking.
- Motherboard tidak di design untuk mendukung di-over-clock.

Semoga bermanfaat dan berhasil hehe hati-hati yah.




21 komentar:

Asis Sugianto said...

oh jadi seperti itu yach untuk over clockingnya yach sobat???

daoat ilmu baru lagi nih sobat...

Rama Arif Maulana said...

wah jadi seperti itu ya sob overlocking komponen komputer :)
makasih tipsnya

Techno Time! said...

Makasih infonya sob...Bermanfaat sekali bagi yang suka otak-atik komputer

ARMAN said...

@Asis, Kira-kira seperti itu sobat thanks

@Iyah sob sama-sama thanks

@Techno Time, Sama-sama sobat thanks

Jejak Puisi said...

hmmm..., panjang juga penjelasanny y kang... ijin nyimak aja dah tentunya.

btw, sorry baru bisa berkunjung kang. ada acara keluarga pas weekend :D. but, happy blogging kang^^

wahid sahidu said...

ane baru tau yang kaya ginian gan ane pelajari dolo ya, thanks for sharing it

ARMAN said...

@Jejak Puisi, Hahay pantes kang :D

@wahid saidu, Silahkan gan sama-sama thanks

ArhyErna_Blog said...

berkunjung lagi diblog keren ini....!! waa ilmu baru nich sob...!!! thank's yach sob...!! hehehehehe nice sahre sob...!!!

ARMAN said...

@ArhyErna_Blog, sama-sama Terima kasih kunjungannya

Media Bisnis dan Pariwisata said...

wah mantap nih bisa meningkatkan kecepatan prosesor tapi akibatnya bisa hang ya sob..?

ARMAN said...

@Media, Tergantung perhitungan berapa persen mau di naikan dan alat2 yang harus dipersiapkan, silahkan baca artikelnya sobat thanks

Hacc said...

Wah.. baru tau nih apa itu over clocking. Ada tipsnya lagi. Makasih share ilmunya.

Mohammad Saleh said...

Waah articlenya berguna banget ni kang Arman. Saya memang hobby ngutak-atik compi walaupun pengetahuan saya tentang itu belum 100%.
Saya mau tanya ni, salah satu compi saya ga bisa loading /startup windows, padahal powernya sudah on. Kira-kira apanya ya kang? RAM, batere, MBnya atau apanya ya...?
Mohon pencerahannya ni dari kang Arman.
Makasih ya kang.
NB: Blog kang Arman sudah saya pasang di blog saya tuh (mohon ijin ya, hehe)
Happy Blogging kang.

ARMAN said...

@Hacc, Sama-sama Thanks

@Mohammad Saleh, Klo batere ga mungkin karena powernya menyala batere dilepas juga bisa tetap hidup dengan aliran daya labgsung, banyak kemungkinan bang, karena RAM juga bisa tapi biasanya yg paling sering dikarena hardisk atau sistem Windows yang corupt (rusak atau hilang). repair aja bang atau Biar bersih dan baru install ulang aja bang hehe

YMT said...

..........wah,aku dpt ilmu baru nich.....
......mksh ya sob........

ARMAN said...

@YMT, Alhamdulillah sob thanks

Meulek Ict said...

wah dpet ilmu lagi makasih kang infonya

matrixs said...

betul, dulu pernah overclock masih jamanya manual harus merubah jumper di board.. harus pindah-jamper sana-sini dan pakai center/lampu lihat tulisan kecil-kecil...

Anomali Dunia said...

baru tau nieh gan gan yang kayak ginian, thanks gan artikelnya bermanfaat.

Qaliel Ipmawan said...

postingan bagus gan :) makasih

emon said...

terima kasih sahabatqu ats imponya, ntr aq coba, smoga ttp sht n sukses. . .

Post a Comment

Silahkan kalian berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Saya Lagi Bermasalah Dengan Adsense, Saya izin Vakum Ngeblog Dulu Sobat Buat Nyari Solusi!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...